Manabung Emas di CIMB Niaga Syariah


Dikarenakan membutuhkan dana tunai tuk suatu kebutuhan, mulailah guugling2 di internet tentang gadai emas. Dan singkat kata, di bank inilah (Jl. Gatsu Bandung) saya menggadaikan emas. Pelayanan gadai emas letaknya di lantai 2. Dan disinilah saya diterima dengan baik oleh mbak customer servicenya. Penjelasan gadai emas di bank CIMB Niaga Syariah cukup detail. Singkat kata setelah urusan gadai selesai, saya coba menanyakan tentang nabung/mencicil emas di bank CIMB Niaga Syariah ini. Walaupun masih ada yang pro dan kontra tentang mencicil emas, tidak akan dibahas di artikel ini.

Sekitar tahun 2011, mencicil/menabung emas di bank ini belum ada tapi ternyata sekarang program ini sudah tersedia. Bagi yang belum tahu, Program Menabung Emas ini adalah program dimana kita bisa memiliki emas dengan cara mencicil kepada pihak bank dengan jangka waktu maksimal 1 tahun dengan minimal uang muka sebesar 30%. Itu deskripsinya menurut pandangan saya pribadi. Jadi secara alurnya adalah sebagai berikut : misalkan kita ingin memiliki emas logam mulia sebesar x gram. Dana untuk membeli emas tersebut akan ditalangi terlebih dahulu oleh bank. Kemudian dalam jangka waktu tertentu, kita menyicil kepada pihak bank ditambah dengan biaya administrasi, biaya meterai dan biaya ijaroh (biaya titip).

Kembali lagi ke topic, proses mencicil emas di CIMB Niaga Syariah sangatlah simple dan akan saya coba jabarkan berdasarkan penjelasan mbak Customer Servicenya. Mungkin tidak akan persis sama 100 %, hal ini hanya sebagai ilustrasi dan mungkin saja ilustrasi ini ada yang kurang tepat. Misalkan kita ingin memiliki emas LM 24karat seberat 10 gram. Harga emas sebesar Rp. 520.000 / gram. Maka perhitungannya adalah sebagai berikut :

Harga Emas 10gram : 5.020.000 Ket : *Rp. 520.000 x 10
Dana talangan bank min 70 % : 3.514.000 Ket : *Rp. 5.020.000 x 70%
Biaya titip : 60.000/bln Ket : *(1,3% setara 1,62%) x dana talangan bank 70%
Uang Muka min 30 % : 1.506.000 Ket : *Rp. 5.020.000 x 30%
Biaya meterai : 6.000
Biaya administrasi : 15.000
Total Uang Muka : Rp. 1.527.000

Dari resume diatas, kita harus memberikan uang muka sebesar Rp. 1.527.000 dan memiliki total cicilan kepada pihak bank sebesar Rp. 3.514.000. + biaya titipnya yang akan kita bayar pada saat pelunasan. Dalam 1 x kontrak berlaku selama 4 bln kemudian dapat kita perpanjang menjadi max 1 tahun. Walaupun kontrak per 4 bulan, jika misal dalam jangka waktu 1 bln mau kita lunasi juga bisa kok. Atau bahkan misal dalam jangka 1 minggu (7 hari), mau kita lunasi juga bisa. Biaya titipnya menjadi lebih murah : 60.000 / 2 = Rp. 30.000. Sistem perhitungan mencicil/menabung emas di bank CIMB Niaga Syariah ini cukup simple dan jelas. Dengan pelayanan yang memuaskan, kantor cabang yang cukup banyak, saya pikir bank ini cukup recomended untuk menabung/mencicil emas.

Author tidak ada hubungan sama sekali dengan CIMB Niaga Syariah, hanya ingin sekedar berbagi informasi. Author tidak menjamin informasi ilustrasi yang dijabarkan diatas 100% akurat. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi CIMB Niaga Syariah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s