Tips Memilih Rumah KPR


Alhamdulillah, ada sekitar 1 tahun kami berkeliling mencari-cari rumah KPR yang cocok di kota bandung dan akhirnya menemukannya juga. Banyak effort dan waktu yang digunakan tuk mencari rumah idaman kami. Ada beberapa pengalaman menyenangkan dan ada juga pengalaman yang kurang berkesan, lebih detail bisa dilihat di cerita perumahan. Hanya ingin sekedar berbagi, bagi teman-teman yang sedang mencari rumah idamannya berupa KPR mungkin tips-tips dibawah ini dalam memilih rumah KPR bisa membantu :

1. Doa

Ada begitu banyak pilihan perumahan yang ditawarkan, dan tentu saja kita menginginkan yang terbaik. Dengan meminta petunjuk dan doa kepada Yang Diatas sana, Insya Alloh akan dipilihkan yang paling baik. Bisa jadi rumah yang kita rasa paling tepat, ternyata kedepannya menimbulkan banyak masalah. Lets God lead the way…

2. Lokasi

Lokasi tentu saja salah satu faktor penentu dalam memilih rumah. Lokasi yang diinginkan setiap orang tentu saja berbeda-beda, misalkan dekat dengan pusat keramaian, dekat dengan tempat bekerja, dekat dengan jalur angkutan umum, dekat dengan jalan raya utama, eksklusivitas dan lain sebagainya. Perhatikan juga lokasi perumahan apakah rawan banjir, rawan macet, atau sangat dekat dengan SUTET  menjadi pertimbangan tersendiri bagi kita.

3. Budget

Pada saat kita survey ke perumahan, perhatikan juga apakah harga perumahan yang ditawarkan sudah all in atau belum. Ada beberapa perumahan yang menawarkan harga miring tetapi blum termasuk harga PPN, BPHTB, AJB, Instalasi Listrik/air dan sebagainya. Dan dari harga total tersebut, kita bisa minta dihitungkan estimasi angsuran perbulannya ke pihak pengembang. Dari harga tersebut, biasanya DP/uang muka sekitar 20-30%. Dan tanyakan juga apakah DP bisa diangsur atau tidak. Dari estimasi angsuran per bulan, baru bisa kita estimasi kemampuan keuangan kita untuk mengajukan KPR. Dan besarnya angsuran KPR maksimal 30% dari total pendapatan yang kita dapat perbulan, bisa single atau bisa juga Joint Income (penghasilan gabungan suami-istri).

4. Istilah2 Perumahan

Sebaiknya ini juga harus kita mengerti, yaitu istilah-istilah perumahan seperti BPHTB, PPN, AJB, Sertifikat Tanah (SHM, HGB) dan lain sebagainya. Info lebih detail, bisa guugling di internet.

5. Kredibilitas Pengembang

Dalam memilih rumah KPR,perhatikan juga kredibilitas pengembang. Pengembang yang berkualitas bisa kita lihat dari proyek-proyek perumahan yang pernah dibangun sebelumnya, jadi bisa kita perhatikan kualitas rumah yang dibangun.  Sebaiknya sih kita pilih pengembang2 besar dibandingkan developer yang baru pertama kali membangun rumah.

6. Fasilitas Perumahan

Ini juga bisa jadi bahan pertimbangan, perhatikan juga fasilitas yang terdapat didalam perumahan misalnya adanya sarana bermain, jogging track, kolam renang, mesjid/mushola, dan lain sebagainya. Biasanya dengan banyaknya fasilitas didalam perumahan harganya juga ikut naik. Tapi bagi perumahan yang minim fasilitas, setidaknya pilihlah perumahan yang dekat dengan fasilitas umum.

7. Jangan Terburu-Buru

Ini juga sangat penting, jangan terburu-buru dalam hunting2 rumah KPR. Berdasarkan pengalaman, rata2 bisa membutuhkan sekitar 1 tahun tuk cari rumah yang cocok. Yang namanya memilih rumah tidak bisa asal-asalan, dalam arti kita membutuhkan feeling untuk menemukan rumah yang cocok. Dan misalkan kita merasa sudah menemukan rumah yang cocok, disarankan jangan langsung men-DP rumah pilihan tersebut. Surveylah beberapa kali ke rumah KPR targetan, untuk menentukan apakah rumah ini cocok atau tidak. Kalau bisa check didalam kondisi2 terburuk, misalkan pada saat banjir/hujan deras atau bisa juga pada saat jam sibuk kantor. Cerita yang menurut saya cukup berkesan dalam mencari rumah, bisa dilihat disini.

8. Survey-Survey-Survey

Survey, survey dan survey itu yang harus banyak kita lakukan dalam memilih rumah. Tidak cukup 1x, 2x atau 3x bahkan bisa mencapai puluhan kali bila perlu. Banyaknya survey diperlukan agar bisa memberikan gambaran tentang lokasi dan kondisi disekitar perumahan. Kita bisa saja mencari rumah yang cocok melalu info yang berseliweran di internet/koran umum. Tetapi survey langsung ke TKP merupakan suatu kewajiban. Mengapa??? Info di internet/koran tidak bisa menggambarkan perumahan secara detail 100% dan tidak bisa menggambarkan kecocokan kita dengan rumah yang diinginkan.

One thought on “Tips Memilih Rumah KPR

  1. Saya sangat setuju atas ulasan anda, apalagi untuk tahap survey karena saat ini saya masih tinggal di Cinere,Depok tentunya agak lebih makan banyak materi,waktu dan energy untuk survey ke lokasi perumahan yang ada di Bandung. Untuk itu saya berpikir awal langkah kesana harus didahului lihat pameran perumahan2 Bandung di JCC Jakarta karena biasanya JCC mengadakan pameran dalam skala Nasional namun belakangan pamerannya sebatas perumahan se Jabodetabek saja. Maka dari itu saya minta bantuan Pak Dany memberi info jika ada pameran perumahan di Bandung. Saya tahu tidak mungkin saya cepat mendapatkan rumah idaman dalam waktu yang singkat, tapi mengingat cara survey yang ideal menurut bapak belum tentu efektip dan efisien bagi saya. Untuk itu saya melaksanakan sesuai dengan keterbatasan yang saya miliki ( materi, waktu dan energy) + bantuan2 informasi dari anda dan pastinya juga dari Tuhan Yang Maha Kuasa.Jadi sekali lagi saya mohon maaf telah banyak merepotkan anda yang mana hanya Tuhan YME yang membalas semua kebaikan bapak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s