CMS? Apaan tuch….


Bagi teman2 yang baru pertama kali mendengar kata CMS, mari kita mulai dengan definisinya. CMS (Content management System) adalah perangkat lunak (berbasis web) yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. CMS sendiri diibuat dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman, seperti: PHP, HTML dan biasanya MySQL sebagai databasenya. Dengan menggunakan CMS, pengguna bisa mengubah isi suatu web tanpa harus belajar HTML atau bahasa pemrograman web.

CMS bisa dimanfaatkan untuk pembuatan website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas. Bisa juga pembuatan portal, galeri foto, aplikasi E-Commerce, mengelola website pribadi / blog dan lain sebagainya. Jenis CMS banyak sekali,  ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. contoh CMS yang gratis antara lain : Drupal, Mambo, Joomla, WordPress dan lain sebagainya. Sedangkan yang berbayar yaitu : osCommerce, Prestashop, Magento dan lain-lain.

Pada dasarnya kita bisa membuat sendiri CMS untuk situs web kita atau kita juga bisa memanfaatkan module-module atau aplikasi CMS yang sudah ada di internet. Jika kita ingin membuat sendiri CMS, maka syaratnya adalah situs kita harus sudah memiliki struktur layout yang fix (tetap). Inti dari CMS adalah melakukan perubahan atau penambahan isi situs pada bagian-bagian yang sifatnya bisa berubah, misalnya halaman berita terbaru, halaman produk atau jasa, halaman foto dan lain sebagainya. Data dari CMS tersebut disimpan dalam suatu database dan dicari atau ditampilkan
dengan cepat.

Umumnya, sebuah CMS terdiri dari dua elemen: CMA (Content Management Application) dan CDA (Content Delivery application). Elemen CMA memperbolehkan seorang manajer isi (yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML) untuk mengelola pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster. Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si pemilik situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, walaupun begitu kebanyakan dari software ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.

Sumber Wikipedia
Amiroh
Alipha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s