Lovely Trip to Sepa – Thousand Island [Bag 4]


Sambungan dari Lovely Trip to Sepa – Thousand Island [Bag 3]
Setelah puas bersnorkling ria disekitar pulau Sepa, tidak terasa hari sudah siang dan perut minta diisi. Akhirnya kami pun makan di restauran yang disediakan pulau Sepa, menu makanannya prasmanan, tinggal ambil sendiri. Makanan nya no problem, enak, good intinamah.

Setelah makan siang, kami pun menemui pak Manaf untuk bersnorkling ke pulau Atol dan pulau Dolphin. Kemudian kami pun diajak ke dermaga, bukan dermaga yang ada di depan, tapi dermaga yang ada disamping pulau Sepa. Perjalanan kesana menggunakan traditional boat, tujuan pertama menuju pulau Atol di kepulauan seribu, membutuhkan waktu sekitar 10 – 15 menit. Istri sempat terlihat ketakutan disepanjang perjalanan, tapi pak Manaf menenangkan. “Ini perahunya aman kok bu, tenang aja, nikmati aja perjalanannnya”. Dalam hati, perasaan kami masih muda, tapi dah dipanggil ibu dan bapak😀.

Tidak berapa lama kemudian, sampailah kami ke pulau Atol. Pulau Atol sebenarnya bukanlah pulau dalam arti yang sebenarnya, soalnya disini tidak ada daratan dan tidak ada pepohonan. Perahu pun ditambatkan dan kami pun siap2 memakai kacamata+jaket pelampung. Istri tidak memakai kaki katak sedangkan saya sendiri pakai soalnya saya dah lebih terbiasa. Kemudian mulailah pak Manaf mengistruksikan bagaimana cara ber-snorkling yang benar. Kata dia, intinya renang di laut bukan bisa atau tidak bisa-nya tapi jangan panik.

Sepintas lalu, saya mencoba mengartikan mengapa jangan panik?? Saya pikir berenang di laut lepas dengan di kolam renang adalah sama, tidak terlalu ada perbedaan besar. Dan ternyata..saya salah. Beda banget!!! Kehidupan laut terasa indah tapi juga menyeramkan, menyeramkan soalnya air laut yangg mulainya hijau (*tanda dangkal) perlahan-lahan menjadi semakin gelap😀

Heading to Atol and Dolphin Island

Tambatkan perahu

@ Atol Island

@ Atol Island

Sekitar 15 menit, kami ber-snorkling sambil memberi makan ikan dengan roti jadinya ikan-ikan mendekati kami berdua. Kami bersnorkling di tempat-tempat yang dangkal sambil membiasakan diri. Setelah agak berani, pak Manaf mengajak kami untuk ber-snorkling ke sekeliling pulau. Tangan kanan saya memegang tangan pak Manaf dan tangan kiri saya memegang tangan istri saya. Pak Manaf kemudian memandu kami berdua. Kehidupan dibawah laut, its trully awsome. Nice..nice..nice😀. Begitu banyak karang laut yang lebih ‘hidup’ dibandingkan disekitar pulau Sepa, lebih banyak bulu babi yang memiliki “mata” 5 buah dengan duri-durinya yang berwana hitam pekat, walaupun ada juga yang berwana merah. Duri-duri tersebut sangatlah rapuh dan tentu saja beracun kalo terkena.

@ Atol Island

@ Atol Island

Contoh terumbu karang

Contoh Bulu Babi

Ada sekitar 1 jam kami bersnorkling, dan waktu seperti tidak terasa.Kemudian kami melanjutkan perahu menuju pulau Dolphin, dan memakan waktu sekitar 10 menit. Kalo pulau Dolphin ini, bener-bener pulau yang memiliki daratan dan pepohonan. Pada waktu kami kesana, ada juga yang berkemah, sekitar 4 – 5 orang. Perahu pun kembali ditambatkan, kami pun bersiap-siap dan ber-snorkling ria di sekitar ni pulau bersama pak Manaf tentunya😀.

@ Dolphin Island

Clearly coral reef @ Dolphin Island

Feeding fish @ Dolphin Island

@ Dolphin Island

Starsea @ Dolphin Island

@ Dolphin Island

Pada saat kami selesai snorkling, orang-orang yang berkemah ternyata menemukan anak ikan pari. Mereka pun menangkapnya menggunakan wajan. Ikan pari termasuk ikan yang cukup berbahaya. Pak Manaf mengusulkan agar dibunuh saja ikan parinya, takut membahayakan orang lain. Setelah puas melihat ikan pari dan ber-snorkling ria, kami pun kembali ke pulau Sepa sambil melewati pulau-pulau yang lainnya seperti pulau Putri dan pulau Pelangi. Tidak terasa waktu menunjukkan pukul 16:30 dan perjalanan snorkling ini memakan waktu 3 jam, tidak terasa serta having a lot of fun😀

Orang2 yg berkemah menemukan anak ikan pari

Anak ikan pari

@ Dolphin Island

Snorkling together @ Dolphin Island

Bersambung ke Lovely Trip to Sepa – Thousand Island [Bag 5]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s