Journey to Kebun Raya Cibodas


Tanggal 22 April 2011, saya+istri+keluarga mertua jalan2 ke Cibodas. Atau lebih tepatnya “Kebun Raya Cibodas“. Rencananya kami akan berkumpul terlebih dahulu di rumah kakak ipar di Sukabumi kemudian dari Sukabumi baru dech bertolak ke Cibodas menggunakan mobil pribadi. Papah dan mamah mertua udah berangkat duluan ke Sukabumi H – 1 nya, jadinya saya dan istri berangkat ke Sukabumi pake bis di terminal Leuwi Panjang.

Ada sekitar 20 menit kami menunggu bis MGI yang menuju ke Sukabumi. Sengaja pilih bis ini, soalnya ni bis paling enak, bis eksekutif dengan kursi 2-2 dan ndak terlalu banyak ngetem menunggu penumpang.  Dengan membayar Rp.21.000/orang, kami pun menuju Sukabumi. Perjalanan ditempuh sekitar 2 jam lebih. Begitu Sampai di Sukabumi, kami pakai ojek ke rumah kakak ipar di Perumahan Cibeureum Permai.

Dari rumah kakak ipar inilah, kami sekeluarga bertolak ke Cibodas. Perjalanan ditempuh sekitar 1 jam harusnya, tapi karna kami menuju kesana dengan santai, ditempuh sekitar 2 jam-an. Begitu sampai di Sukabumi, karna hari itu adalah hari Jumat kami pun sholat jumat terlebih dahulu. Setelah sholat jumat, baru dech kami bener2 menuju Kebun Raya Cibodas.

Pondokan2 Cibodas

Pondokan2 Cibodas

Taman Bermain Yang Luas @ Cibodas

Taman Bermain Yang Luas @ Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas merupakan kebun raya yang dijadikan sebagai tempat pariwisata, pendidikan, konservasi, dan penelitian. Kebun Raya Cibodas-LIPI berada di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango pada ketinggian kurang lebih 1.300 – 1.425 meter di atas permukaan air laut dengan luas 84,99 hektar. Temperature rata-rata 20,06°C. kelembaban 80,82%, dan rata-rata curah hujan 2.950 mm per tahun.

Kebun Raya Cibodas didirikan pada tanggal 11 April 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann. Pada awalnya dimaksudkan sebagai tempat aklimatisasi jenis-jenis tumbuhan asal luar negeri yang mempunyai nilai penting dan ekonomi yang tinggi. Salah satunya adalah Pohon Kina (Chinchona calisaya). Kemudian berkembang menjadi bagian dari Kebun Raya Bogor dengan nama Cabang Balai Kebun Raya Cibodas. Mulai tahun 2003 status Kebun Raya Cibodas menjadi lebih mandiri sebagai Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas dibawah Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dalam Kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kebun Raya Cibodas terletak di jl. Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat – 43253. PO. Box 19 SDL-Cianjur. Phone: 0263-512233, 520419 Fax.: 0263-512233 dengan email krcibodas@lipi.go.id. Terdapat beberapa fasilitas yang bisa dinikmati yaitu Rumah Paku-pakuan, Rumah Kaca, Pembibitan Anggrek, Sukulen, Kaktus, Air Terjun, Jalan Air, Tanam Tematik, Taman Lumut, Koleksi Tanaman Obat, Wisma Tamu, Kupel, Kafetaria, Mesjid, Penjualan Tanaman, Kuda Tunggang.

Kali Kecil @ Cibodas

Kali Kecil @ Cibodas

My LoveLy Wife ^^

My LoveLy Wife ^^

Air Terjun @ Cibodas

Air Terjun @ Cibodas

Dengan luas 125 ha, koleksi tanaman yang dimiliki Kebun Raya Cibodas sampai saat ini meliputi 1.162 jenis koleksi kebun, 320 jenis anggrek, 289 jenis kaktus, 22 jenis koleksi tanaman sukulen, dan 103 jenis tanaman paku-pakuan. Ada juga koleksi taman-taman seperti Rhododendron Garden, Sakura Garden, Taxus Garden dan koleksi tanaman eksotik lainnya. Dari sejumlah koleksi tersebut, 114 di antaranya berasal dari Jawa Barat dan di antaranya merupakan tanaman langka. Dalam bidang pendidikan, Kebun Raya Cibodas juga telah membuat program khusus dengan tujuan memberikan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya pelestarian dan pengembangan sumber daya alam. Lewat Program Pendidikan Lingkungan, pesan-pesan konservasi dapat disampaikan dengan menyesuaikan keadaan lingkungan dan kelompok masyarakatnya.

Taman2 @ Kebun Raya Cibodas

Taman2 @ Kebun Raya Cibodas

Air Mancur Kebun Raya Cibodas

Air Mancur Kebun Raya Cibodas

Keluarga Besar-Ku @ Cibodas

Keluarga Besar-Ku @ Cibodas

4 thoughts on “Journey to Kebun Raya Cibodas

    • Kalo saya tidak salah ingat, mobil dikenakan biaya 15.000 + tiket per orang. Di pintu depan dikenakan 3.000/orang, udah gitu didalamnya dipintu dalamnya dikenakan tiket lagi 6.000/orang. Jadi kalo ditotal, per orang dikenakan hampir 9.000/orang + biaya mobil (1 mobil = 15.000).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s