The Art of doing nothing @ Pantai Batu Karas


Pantai ini bisa jadi pilihan berwisata pantai yang dapat teman-teman kunjungi selain ke pantai Pangandaran. Dua-duanya sama-sama menawarkan pengalaman berwisata yang cukup menarik…

Karang2 Batu Karas

Batu Karas

Sekitar akhir tahun 2012 tepatnya sebelum natal, saya dan istri berkesempatan mengunjungi Pantai Batu Karas. Pantai ini terletak di desa Batukaras, Kecamatan Cijulang dengan jarak ± 34 km dari Pangandaran. Selama 3 hari liburan, hari pertama dihabiskan di pantai Pangandaran, sedangkan hari keduanya direncanakan akan menuju Pantai Batu Karas. Dikarenakan kami tidak memiliki kendaraan pribadi, kami menyewa sepeda motor saja di Pangandaran untuk menuju pantai Batu Karas. Salah satu spot penyewaan rental motor letaknya didepan hotel SIP yang berada di pantai timur. Rata-rata motor yang disewakan berjenis matic dan bebek. Karena masuk musim liburan ternyata harga yang dipatok jadi lebih mahal, sewa motor seharian (12 jam) kena charge sebesar 150rb dan untungnya sudah termasuk bensin. Kalo mau nyewa jam2-an juga bisa, tapi jatuhnya lebih mahal sekitar 50rb/jam jadi lebih murah sewa seharian bukan?

Perjalanan menuju Pantai Batu Karas bisa ditempuh sekitar 1 jam dan untungnya 15 menit awal perjalanan dapat dilalui dengan mudah, soalnya kondisi jalan cukup mulus. Tetapi 30 menit kemudian jangan ditanya, kondisi jalan rusak parah dan cukup berdebu. Setelah dilihat-lihat jalanan rusak karena sering dilewati truk-truk besar pengangkut hasil alam. Udah gitu, sepertinya tidak segera diperbaiki sama perusahaan truk tersebut, jadinya sepanjang jalan banyak lubang besar menganga. Bahkan beberapa penduduk yang berada di lokasi kerusakan jalan tersebut, sampai memasang spanduk-spanduk protes. Hayoo.. tanggung jawab donk kalian para pengusaha, jalan ke pantai Batu Karas ampe pada bolong2 gitu😛.

Begitu sudah mau memasuki Pantai Batu Karas, alhamdulillah kondisi jalan semakin membaik setidaknya ga ada lubang-lubang besar menganga lagi di jalan. Walaupun kondisi jalan ga mulus-mulus amat sih. Beberapa menit kemudian sampailah kami di pintu masuknya, dan mungkin karena kami pakai motor ga dikenakan tiket masuk tapi kalo pake mobil tetep harus bayar. Dari pintu masuk menuju pantai Batu Karas ada sekitar 15 menit dan sampailah juga kami di Pantai Batu Karas.

Begitu mendekati spot utama pantai Batu Karas kami sebenarnya agak sedikit kecewa, penuhnya itu loh. Karena garis pantainya yang bisa dipakai berenang tidak seluas pantai Pangandaran jadinya para pengunjung numplek semua di spot itu. Beda banget dengan pantai Pangandaran, kita bisa leyeh-leyeh di pantai timur ato barat dengan garis pantainya yang sangat panjang. Sama seperti di pangandaran, pantai di Batu Karas berwarna coklat kehitaman dengan ombak yang cocok untuk belajar surfing bagi pemula.

Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas

Karena kami kesini pas H-2 sebelum natal tahun 2012, Mungkin karena itulah banyaknya pengunjung di pantai Batu Karas. Jadinya hasrat untuk berenang dan bermain air jadi memudar, mungkin next time bisa lebih menikmati. Jadinya selama di Batu karas, kami hanya melepas penat dengan makan siang di warung-warung tenda yang cukup nyaman. Setelah cukup puas melepas penat, waktunya kami kembali ke Pantai Pangandaran soalnya kami menginap disana. Waktu kami mau pulang, kami iseng untuk meneruskan perjalanan menuju daerah timur dari pantai Batu Karas. Waaaawwww… disini sepi coy. And in this place you can do ‘the art of doing nothing’, just you and the ocean. Akhirnya kami berdua lebih banyak menghabiskan waktu disini dibandingkan di spot utama yang ramenya naujubilah😀, beberapa view-viewnya bisa dilihat dibawah ini …

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s