Touring ke Bukit Tunggul Yuk…


Pernah mendengar obyek wisata Bukit Tunggul? Atau para tripers orang Bandung atau bahkan orang Lembang/Maribaya tapi belum pernah mendengar Bukit Tunggul?? Wajar sih sebenarnya jika belom pernah mendengar apalagi menyambangi obyek wisata yang satu ini🙂. Bagi yang belum tau, Bukit tunggul terletak dibelakang lokasi wisata Maribaya, Lembang. Dan untuk menuju kesana cuma sekitar 1 jam lebih dari daerah Ledeng. Lokasi ini berada di lokasi perkebunan PTPN VIII yang masih sejuk dan asri. Dan perkebunan ini bukanlah perkebunan teh pada umumnya, tetapi perkebunan Kina. Belum pernah khan ke daerah perkebunan Kina? Jadi ini bisa menjadi wisata alternatif yang patut dicoba.

Untuk menuju lokasi ini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, bisa mobil atau motor. Tapi lebih recomended lagi jika menggunakan motor. Trip yang ideal menurut saya dimulai dipagi hari/subuh sekalian dengan mengarahkan kendaraan kita menuju Ledeng – Lembang – istirahat sejenak di Maribaya – trus lanjutkan ke Bukit Tunggul. Jalanan yang cukup lancar dan bertipe one-way cukup menjadi jaminan akan kelancaran touring. Jadi kayaknya ga ada cerita bakalan nyasar deh😀. Untuk perjalanan menuju Maribaya dirasakan tidak ada hambatan berarti, tetapi menuju Bukit tunggul jalanan beraspal akan semakin menyempit dan kita akan diajak sedikit ber-off road ria. Tapi bagi kita yang suka sedikit tantangan, tidak menjadi halangan bukan?😀

Dengan cukup membayar 8rb/org sebagai karcis parkir masuk, obyek wisata Bukit Tunggul bisa kita nikmati seperti hamparan perkebunan kina, air terjun, situ / kolam pemancingan, penangkaran rusa. Dan obyek wisata ini tidak terlalu crowded, jadi bagi yang tidak terlalu menyukai keramaian, tempat ini cukup ideal. Setelah puas menikmati Bukit tunggul, bagi yang ingin mencoba mencicipi view Bandung dari ketinggian sebaiknya tidak memilih jalan pulang melalui Maribaya – Lembang – Ledeng lagi. Tapi coba dech teruskan perjalanan menuju Ujung Berung. Yap benar, Ujung Berung. Dari Bukit Tunggul dapat tembus ke Ujung Berung, tepatnya alun2 Ujung Berung.Sepanjang perjalanan light offroad menuju Ujung Berung kita akan disuguhi view Bandung yang cukup manis. Jadi…siap touring ke Bukit Tunggul??😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s