Liburan Penuh Pantai Di Pulau Bangka


Finally…the big day is come😀 . Bagi para traveller yang pecinta obyek wisata pantai tentu sudah tau, pulau Bangka penuh dengan objek wisata pantai yang sangat layak dikunjungi. Keindahan pantai2 di pulau Bangka ini tentunya wajib masuk Must Have Visited di list para traveler. Dan keindahan pulau Bangka Belitung ini tentunya semakin terkenal dengan adanya film Laskar Pelangi yang sangat mendunia itu. Pulau Bangka dan Pulau Belitung masing-masing menawarkan keindahan khasnya masing-masing. Dan untuk saat ini, pulau Bangka lah tujuan traveling saya bersama sang istri….

Tidak terasa menabung selama 1 tahun untuk liburan akhir tahun akhirnya datang juga dan keelokan pulau Bangka jadi tujuan destinasi kami selama 3 hari 2 malam dari tanggal 25 – 27 Desember 2013. Persiapan dimulai dengan memesan tiket bus bandara Primajasa dari Bandung – Jakarta seharga Rp.90.000/org, pemesanan tiket pesawat Lion Air Jakarta – Pangkalpinang di travel agent terdekat dan pemesanan hotel tempat menginap di Tanjung Pesona Beach Resort di website KlikHotel.com. Dikarenakan di pulau Bangka tidak ada angkutan umum untuk menuju ke berbagai obyek wisatanya, disarankan para traveller memesan mobil. Setelah gugling selama beberapa hari, pilihan kami jatuhkan di Immanuel Rental Car Bangka dengan menghubungi mas Donny di 082374160013. Bukan promosi tapi selama saya liburan di pulau Bangka bersama istri, kami sangat puas dengan pelayanan rental mobil ini😀

Kesan pertama mengunjungi kota Bangka ini yaitu tidak terlalu rame, bebas macet, jalanan yang cukup mulus, berkendara secara sopan dan tidak ngebut menjadi ciri khas tersendiri jauh dibandingkan di kota-kota besar di Indonesia. Cuma satu yang disayangkan yaitu banyaknya bekas-bekas tambang timah yang tidak reboisasi. Hal ini bisa terlihat dengan jelas disepanjang pulau Bangka dimanapun dan menciptakan danau-danau buatan bekas tambang timah. Dan untungnya hal ini tidak sampai mengurangi keelokan pulau Bangka ini sendiri. Untuk objek wisatanya ada beberapa yang kami kunjungi yaitu pantai Tanjung Pesona, pantai Batu Bedaun, Pantai Matras, Pantai Parai, Pantai Romodong, Pantai Penyusuk, Gua Maria, Klenteng Dewi Quan Inn, Pantai Pasir Padi, dan Pantai Tanjung Bunga.  Itu untuk wisata pantainya, banyak banget ya😀 . Sedangkan untuk wisata kulinernya bisa mengunjungi otak-otak Belinyu, Restoran Istana Laut, beli oleh-oleh di BTS (Bangka Tradisional Snack) and many…many more😀

Pantai Tanjung Pesona

Disinilah kami menginap selama 3 hari 2 malam, tepatnya di Tanjung Pesona Beach Resort. Info lebih detail bisa mengunjungi website tersebut atau melalui phone ke 0717-94560, 0717-94562 atau hp ke 0878-0177-5999, 0812-7123-5999 atau melalui fax ke 0717-93561. Hotel yang bernuansa old style tapi penuh ketenangan dan kedamaian ditemani deburan ombak dari depan kamar yang cukup meneduhkan hati, jadi tampaknya kami tidak salah memilih hotel ini. Hotel ini sangat luas dengan beberapa fasilitas yang cukup memanjakan tamunya. Untuk tamu hotel tentu saja free jika ingin mengunjungi Pantai Tanjung Pesona sedangkan untuk tamu non-hotel cukup bayar Rp. 10.000/orang. Pantai ini terletak di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat. Berjarak sekitar 9 km dari kota Sungailiat kabupaten Bangka atau sekitar 45 menit dari pusat kota Pangkalpinang. Untuk lebih cepatnya, para traveler mungkin bisa request melalui jalur lintas timur untuk mengunjungi pantai ini. Lewat jalur ini, kita bisa melihat pantai/laut yang berada disisi jalan dan nanti pada ujungnya bisa mengunjungi kuil Shaolin.

Pantai Batu Bedaun

Pantai ini memiliki ciri khasnya tersendiri yaitu di tengah-tengah pantainya ada pulau kecil yang hanya terdiri batu-batu besar dan ada sebatang pohon yang tumbuh di tengah-tengahnya, jadi dari kejauhan seperti batu berdaun ditengah pantai. Masuk ke obyek wisata ini free tiket masuk dan free parking soalnya pantai ini belum dikelola untuk dikomersilkan. Tapi viewnya cukup pantas untuk dikunjungi. Pantai ini terletak di kampung Bukit Kuala, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka dan berdekatan dengan Pantai Parai Tenggiri.

Pantai Matras

Pantai ini memiliki hamparan pasir pantai yang sangat luas, seluas mata memandang makanya dinamakan pantai Matras. Pantai ini sudah dikomersilkan jadi untuk masuk wajib bayar Rp. 5,000 per orang. Di pantai ini angin dan ombaknya sangat kencang jadi harus berhati-hati ketika berenang dan dipantai ini banyak warung kaki lima yang tertata apik di pinggir pantai. Pantai ini terletak di desa Matras, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat, yang terletak disebelah Timur Laut Pulau Bangka dan berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Pangkalpinang atau 7 km dari kota Sungailiat.

Pantai Parai Tenggiri

Nah… ini dia iconnya pantai yang sangat terkenal di pulau Bangka disamping pantai Tanjung Pesona. Pantai ini memiliki ombak dan angin yang tidak terlalu kencang jadi sangat aman untuk bermain dan berenang bersama anak-anak. Disamping pantainya yang ciamik, jangan lupa untuk mengunjungi Rock Island yang berada di sebelah kiri pantai yang akan menuju restoran di tepi pantainya. Karena pantai ini sudah dikomersilkan dan dikelola dengan baik, dikenakan tarif masuk Rp. 25.000/orang tapi cukup sebanding kok. Dan di area ini juga terdapat Parai Beach Resort yang cukup terkenal di pulau Bangka. Pantai ini terletak di daerah Matras Sungailiat, sekitar 40 km dari Bandara Depati Amir, Pangkalpinang. Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung.

Pantai Romodong

Ciri khas pantai ini yaitu pintu masuk yang terdiri dari 2 batu besar dan tentu saja pantai berbatu yang sangat indah. Pantai ini tidak bisa digunakan untuk berenang karena kencangnya ombak dan banyaknya batu-batu besar. Cocoknya untuk dinikmati keindahan pantainya. Biasanya pantai ini ramai hari sabtu/minggu dan karena kami mengunjungi pantai ini dihari biasa, tiket masuknya free dan warung-warungnya juga pada tutup. Pantai ini terletak di daerah Belinyu,  bagian paling utara dari pulau Bangka, berjarak sekitar 90 km dari pusat kota Pangkalpinang. Dan pantai ini berdekatan dengan pantai Penyusuk.

Pantai Penyusuk

Pantai ini dinamakan pantai penyusuk karena terdapat 2 batu besar membentuk hewan penyu yang berada di depan pantai yang merupakan ciri khasnya. Pantai ini berdekatan dengan pantai Romodong dan walaupun ombaknya cukup kencang tetap masih bisa digunakan untuk berenang, walaupun kita harus tetap berhati-hati juga. Pantai ini belum dikomersialkan jadinya tiket masuknya free. Tapi keindahan pantainya ga kalah dengan pantai lainnya di pulau Bangka. Pantai ini terletak di daerah Belinyu,  bagian paling utara dari pulau Bangka, berjarak sekitar 90 km dari pusat kota Pangkalpinang. Dan pantai ini berdekatan dengan pantai Romodong.

Gua Maria

Gua Maria merupakan salah satu obyek wisata selain pantai yang ada di Pulau Bangka. Obyek gua Maria ini terdapat di kota Belinyu, berjarak sekitar 90 km dari pusat kota Pangkalpinang. Gua Maria terletak di kawasan/area Gereja dan untuk masuknya free atau memberikan sumbangan serelanya. Di obyek wisata ini terdapat gua yang didalamnya ada patung Bunda Maria setinggi 3 meter dan biasanya banyak umat Kristiani yang mengunjungi.

Klenteng Dewi Kwan Im

Nah ini juga obyek wisata non pantai yang bisa dikunjungi, Klenteng Dewi Kwan Im yang berada di daerah Kuto Panji Kecamatan Belinyu, berjarak sekitar 90 km dari pusat kota Pangkalpinang. Bagi yang belum pernah mengunjungi klenteng, para traveler bisa mencoba kesini dengan tiket masuknya yang free.

Otak-Otak Belinyu

Setelah mengunjungi berbagai obyek wisata di daerah Belinyu seperti yang sudah disebutkan diatas, jangan langsung bubar jalan ya. Jangan lupa mencicipi otak-otak Belinyu yang sangat terkenal ini. Ada beberapa penjual yang menjual otak-otak didaerah ini, tapi saya disarankan oleh driver/guide untuk mengunjungi Otak-Otak Afung, terletak di seberang pintu masuk area Gua Maria. Jadi setelah mengunjungi Gua Maria bisa isi perut disini dulu. Harga otak-otaknya cukup terjangkau, untuk otak-otak Rp.2000/bungkus, empek2 ikan Rp.2000/bungkus, empek2 udang Rp. 3000/bungkus. Otak-otak dan empeknya masih panas, enak dan fresh from pemanggangan. Maknyoooozzz…😀

Pantai Pasir Padi

Pantai ini merupakan pantai yang paling dekat soalnya berada di pusat kota Pangkalpinang. Hamparan pantai ini cukup panjang dan ombaknya tidak terlalu besar jadinya aman untuk dipakai berenang dan mandi. Tapi sayangnya pada saat saya kesana, sedang ada reklamasi pantai kecil-kecilan terlihat dengan adanya eskavator di tepi pantai. Dan pantai ini merupakan tempat wisata pantai yang paling ramai dikunjungi di hari libur lengkap dengan berbagai macam fasilitasnya.

Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi

Pantai Tanjung Bunga

Pantai ini terletak di ujung pantai Pasir Padi, hanya berjarak sekitar 500m. Keindahan pantai ini hampir sama dengan pantai Pasir Padi cuma fasilitasnya tidak selengkap tetangganya walaupun berada didalam satu area.

Pantai Tanjung Bunga

Pantai Tanjung Bunga

Restoran Istana Laut

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi pantai Pasir Padi / Tanjung Bunga tidak mengunjungi restoran seafood yang satu ini : Restoran Istana Laut. Restoran ini berbentuk kapal laut yang pemandangannya ke pantai Pasir Padi, walaupun harga yang ditawarkan diatas rata-rata, worthed kok dengan citarasa masakan dan view yang ditawarkan. Cukup romantis buat pasangan yang datang berdua😀

BTS (Bangka Tradisional Snack)

Tidak lengkap rasanya mengunjungi pulau Bangka tapi tidak membawa oleh-oleh/souvenir khas dari Bangka. Berdasarkan arahan dari driver/guide rental mobil, kami beli oleh-oleh di BTS (Bangka Tradisional Snack) yang beralamat di Jl. Jend. Sudirman No.50. Ada beberapa snack khas Bangka yang dijual yaitu kemplang, getas, kricu, empiang. Untuk souvenirnya ada kaos, magnet kulkas, gelang, pewter (kerajinan timah) dan masih banyak lagi.

Tidak terasa 3 hari 2 malam di pulau Bangka begitu cepat berlalu, padahal obyek wisata yang kami eksplor masih banyak yang belum dikunjungi. Tapi apa daya, budget sudah menipis. Secara singkat, susunan acara ketika mengunjungi pulau Bangka sebagai berikut : Hari Pertama : pantai batu bedaun – pantai Matras – pantai Parai, Hari Kedua : pantai Romodong – pantai Penyusuk – gua Maria – Otak2 Belinyu – Klenteng Dewi Kwan Im – pantai Pasir Padi – pantai Tanjung Bunga – restoran Istana Laut, Hari Ketiga : full day menikmati pantai Tanjung Pesona – pulang ke Bandung. Cukup melelahkan tetapi sangat menyenangkan, agenda menabung dimulai lagi tuk kapan-kapan mengunjungi tetangganya : Pulau Belitung😀

8 thoughts on “Liburan Penuh Pantai Di Pulau Bangka

      • Dear @ mas Dany Haryanto ( pemilik blog ).
        Thank’s banget mas atas semuanya, karna blog mas Dany rental kita sekarang sudah semakin diminati.
        Saya benar2 tidak tahu kalau mas Dany bisa bawa nama saya dan rental kita ke blog mas Dany.
        Selama ini saya hanya tahu dari pelanggan saya yang katanya dapat nomor hp saya dari internet, tapi mereka tidak pernah kasih tunjuk ke saya kalau ternyata mereka dapat nomo hp saya dari blog mas Dany.
        Saya pikir mereka dapatnya dari iklan di google yang saya buat 5 tahun yang lalu, padahal saya lihat iklan saya di google sudah lama habis.
        Karna rasa penasaran saya, selama lebaran ini saya dapat tamu dan saya paksa untuk mengirim tautannya ke bbm saya, ternyata semua ini berkat bantuan mas Dany rupanya, hehehe…
        Sekali lagi saya berterima kasih yang sebesar2nya kepada mas Dany dan juga istri yang telah mempromosikan rental kita, kalau ada rencana lagi mau ke bangka ataupun kebelitung, mas tinggal hubungi saya aja langsung.
        No hp saya masih tetep yang lama ya mas, Thank’s atas smuanya selama in y mas. Gbu…

      • Sama-sama mas Donny, senang sama-sama bisa membantu. Kalau ada waktu, mudah2an bisa kesana lagi. Trims tuk bantuannya selama kemarin menemani kami di Pulau Bangka.

  1. Pingback: Pantai – Pantai terindah didunia | Jarwoji

  2. Pingback: Primadona Pantai Indonesia | Travel Gaul

  3. Dear @ mas Dany Haryanto ( pemilik blog ).
    Thank’s banget mas atas semuanya, karna blog mas Dany rental kita sekarang sudah semakin diminati.
    Saya benar2 tidak tahu kalau mas Dany bisa bawa nama saya dan rental kita ke blog mas Dany.
    Selama ini saya hanya tahu dari pelanggan saya yang katanya dapat nomor hp saya dari internet, tapi mereka tidak pernah kasih tunjuk ke saya kalau ternyata mereka dapat nomo hp saya dari blog mas Dany.
    Saya pikir mereka dapatnya dari iklan di google yang saya buat 5 tahun yang lalu, padahal saya lihat iklan saya di google sudah lama habis.
    Karna rasa penasaran saya, selama lebaran ini saya dapat tamu dan saya paksa untuk mengirim tautannya ke bbm saya, ternyata semua ini berkat bantuan mas Dany rupanya, hehehe…
    Sekali lagi saya berterima kasih yang sebesar2nya kepada mas Dany dan juga istri yang telah mempromosikan rental kita, kalau ada rencana lagi mau ke bangka ataupun kebelitung, mas tinggal hubungi saya aja langsung.
    No hp saya masih tetep yang lama ya mas, Thank’s atas smuanya selama in y mas. Gbu…

    • Sama-sama mas Donny, senang sama-sama bisa membantu. Kalau ada waktu, mudah2an bisa kesana lagi. Trims tuk bantuannya selama kemarin menemani kami di Pulau Bangka.

Leave a Reply

