Wiskul di Kota Cantik Yos Sudarso


Bandara Tjilik RiwutUntuk kali ini, kantor menugaskan saya ke Palangkaraya, ibukotanya Kalimantan Tengah. Walapun terlahir di bumi kalimantan, tepatnya di Samarinda, selama lahir dan tinggal disana belum pernah mengunjungi daerah-daerah lainnya di pulau Kalimantan. Maklum…waktu masih kecil belum keluar jiwa travelingnya. So.. its time to packing and go😀 Palangkaraya dengan julukan Kota Cantik ini, memiliki luas wilayah sekitar 2.400 km² dan berpenduduk sebanyak 220.962 jiwa dengan kepadatan penduduk rata-rata 92.067 jiwa tiap km². Untuk menuju ke Kota Cantik ini bisa menggunakan maskapai perbangan seperti Lion Air atau Garuda, dengan harga tiket sekali jalan sekitar 400rb-an dari kota Jakarta dan dalam tempo 1,5 jam kita pun sudah sampai di Bandar Udara Tjilik Riwut. Dan untuk menuju ke pusat kota, kita bisa menggunakan taksi bandara dengan tarif sekitar 75rb.

Angkutan umum dikota ini sangat jarang, jadi bagi yang berencana liburan di kota ini rental mobil/motor tampaknya menjadi suatu keharusan. Dengan kondisi jalan yang cukup bagus dan lebar, ditambah kepadatan penduduk yang tidak terlalu tinggi kita bisa memacu kendaraan dengan cukup santai. Perjalanan dinas kali ini, saya dan rekan kerja terdampar di jalan Yos Sudarso. Dimana di jalan ini lah, banyak kantor pemerintah daerah berdiri. Dan untuk penginapan, kami pilih yang terdekat saja yaitu Hotel Dandang Tingang yang merupakan milik BUMD kalau tidak salah.

Dari pagi sampai siang, disepanjang jalan Yos Sudarso ini cukup sepi dan lengang tapi jangan ditanya kalo sudah mendekati sore. Tenda-tenda makanan berdiri dengan ramainya disepanjang jalan ini, menyajikan berbagai macam aneka masakan. Mulai nasi goreng sampai seafood juga komplit disini. Tidak ketinggalan, anak-anak mudanya pun hangout disepanjang jalan ini jadinya semakin ramai. Untuk wisata kulinernya yang jadi juaranya ikan bakar bumbu rica-rica, dengan rasa yang yummy dan pedas dilidah membuat semua orang pasti jadi ketagihan. Ada berbagai jenis ikan seperti ikan patin, ikan baung, ikan lais, nila sampai bawal juga lengkap disini. Warung seafood memang banyak disini tapi waktu itu saya nyobanya yang didepan Dispenda Kota Palangkaraya. Sekedar info terutama bagi yang muslim, jangan sampai masuk ke warung yang tendanya bertuliskan B2 atau RW, itu menandakan menjual masakan Babi (B2) dan Anjing (RW). Tapi yang menjual masakan non halal ini sangatlah sedikit, dan biasanya terkumpul di suatu area. Jadi… kemungkinan salah masuk kayaknya tidak ada dech. So… are ready to wiskul on Kota Cantik?😀

Yos Sudarso Palangkaraya (*taken from http://hilsya.wordpress.com))

Jl. Yos Sudarso Palangkaraya (*taken from http://hilsya.wordpress.com))

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s