Trekking Cinta Patahan Lembang


Bagaimana bila traveller ingin melihat keindahan kota bandung dari atas bukit yang diselimuti kabut tipis dan hijaunya pepohonan seperti layaknya Tebing Keraton, ditambah dengan sedikit berolahraga ringan menyusuri hutan rindang nan hijau??? Mungkin trekking ke Patahan Lembang patut dicoba nih traveller, makin lengkap jika ditemani ama yayank #halah. So… read this article to find out more🙂

Gimana, cukup penasaran? Kalau traveller penduduk asli Bandung, apakah pernah mendengar tentang Bukit Moko atau Puncak Bintang? Tau ga nih?? Bagaimana dengan Caringin Tilu, atau Padasuka, atau Cicaheum? Masih belum tau juga??? Berarti traveller, bukan orang Bandung, hehehe just kidding😀. Nah, jika kita ingin ke trekking ke Patahan Lembang maka spot-spot yang saya sebutkan diatas pasti akan kita lalui. Dan yang pertama kali harus disiapkan adalah pastikan motor/mobil anda dalam keadaan fit, soalnya tanjakannya cukup curam. Yang kedua, bawa jaket tebal. Yang ketiga, pakai sepatu/sendal yang nyaman dan yang keempat tentu saja bawa duid😀. Mari kita mulai: dari pusat kota bandung arahkan kendaraan anda ke daerah Cicaheum kemudian masuk ke jalan Padasuka. Setelah melalui Saung Angklung Mang Udjo, perjalanan akan semakin menanjak sekitar 4km dengan kondisi jalan cukup sempit, menanjak, dan sedikit berpasir-batu. Jika sudah mencapai Caringin Tilu berarti sudah semakin dekat nih, lanjutkan terus keatas sekitar 1km menuju Bukit Moko. Dan disinilah kita parkir kendaraan kita sebesar 5rb untuk motor dan 10rb untuk mobil.

Di Bukit Moko ini ada 1 warung yang cukup terkenal, yaitu Warung Daweung. Disini kita bisa melihat keindahan kota Bandung dari atas sambil makan mie rebus dan segelas kopi/teh pasti maknyus deh pokoknya. Kalau belum puas, jalan kaki sedikit ke Puncak Bintang dengan bayar 10rb/orang. Disini kita bakalan disuguhi view yang lebih manis lagi, deretan pohon-pohon pinus dengan hijaunya kota Bandung. Masih pengen lebih puas? Berarti saatnya kita trekking ke Patahan Lembang.

Trekking ke Patahan Lembang cukup mudah, apalagi untuk pemula seperti saya dengan body yang cukup montok berisi, tetep kuat juga kok sampai keatas😀. Disepanjang perjalanan menuju Patahan Lembang, kita bakal disuguhi lebat dan hijaunya pohon-pohon pinus jadinya adem deh. Dan untuk petunjuk arahnya pun sangat jelas jadi yakin deh Insya Alloh ga akan kesasar. Sedangkan untuk kondisi jalannya cukup nyaman walaupun beberapa spot sedikit berpasir jadi harus lebih berhati-hati. And in the middle of trekking, ada warung pula, HORE….!!!! Disini jual aneka minuman dan makanan kayak gorengan, mie rebus, dan lain-lain dengan harga yang cukup murah(*standar). Dan ternyata yang jualannya sudah kakek-nenek, hanya berdua, so sweeeet., hihihi.

Warung Patahan Lembang

Warung Patahan Lembang

Kalau sudah melewati warung dadakan ini, berarti tinggal sedikit lagi nih traveller. Lanjutkan trekking sekitar 200m sampai ketemu papan petunjuk and here we are : PATAHAN LEMBANG. Biasanya traveller yang sampai disini, sweet spot cameranya ada di atas batu besar(#WajibHatiHati) dengan view yang hampir sama saja seperti Tebing Keraton. And dont forget to say MASYA ALLAH – ALHAMDULILLAH, dan memang ‘Bumi Pasundan Lahir Ketika Tuhan Sedang Tersenyum’.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s