Short Adventure To Ujung Genteng and Ciletuh Geopark


Tidak cukup rasanya 3 hari 2 malam untuk meng-eksplore berbagai objek wisata disekitar Ujung Genteng sampai ke Ciletuh Geopark, apalagi ditambah bonus track offroadnya. Tapi hal itu tidak menyurutkan kami ber-enam untuk berwisata kesana. So check it out our journey, maybe it will be become u’re next inspiration to get there…
Awalnya kami berencana berwisata didaerah Ciwidey pada saat liburan Agustusan tetapi hotel-hotel banyak yang full booked dan akhirnya di-switchlah rencananya menuju Pantai Ujung Genteng dan Ciletuh Geopark. Awalnya sempet ragu untuk penginapannya soalnya long weekend dari tanggal 15-17 Agustus 2015. Tetapi suami kakak ipar meyakinkan kami semua, untuk penginapan ga ada masalah soalnya sudah hapal dengan pemiliknya jadi pasti ada yang kosong. Yoweslah berangkatlah kami semua kesana, dengan penuh semangat!!!😀

Perjalanan dimulai dari kami bertiga hari jumat malam meluncur ke Sukabumi untuk menjemput keluarga kakak ipar dengan menggunakan kendaraan pribadi. Mobil pun melaju dengan santai memasuki jalan tol Padaleunyi – Padalarang – Cipatat – Cianjur – Sukabumi dengan total jarak sekitar 100km selama hampir 3 jam. Memasuki kota Sukabumi, perjalanan sedikit tersendat soalnya ada perbaikan jalan, tapi sudah hampir selesai dan dalam 1 – 2 bulan kedepan akan kembali normal. Disini kami menginap di rumah kakak ipar di Puri Cibeureum untuk keesokan harinya traveling ke Pantai Ujung Genteng.

Rencananya berangkat pagi, tapi yang namanya orang indonesia tea suka ontime ngaret, wkkkkk :p. Jadinya berangkatnya siang deh, dengan terlebih dahulu maksi dan belanja snack untuk ngemil dijalan. Untuk rutenya tentu saja start pointnya dari Sukabumi – Jl.Pelabuhan II – Cibatu – Cijambe – Jampang Tengah – Jampang Kulon – Surade – Ujung Genteng. Perjalanan memakan waktu sekitar 4 jam dengan jarak sekitar 120km dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok dan cukup rusak serta sempit dibeberapa bagian. Setelah perjalanan yang cukup melelahkan tersebut, sampai juga di Surade. Nah dari sini ke Ujung Genteng sangat dekat, kurang dari 1 jam saja.

Begitu memasuki Desa Ujung Genteng, kita bayar karcis retribusi sebesar Rp. 18.000 / mobil. Ada begitu banyak gugusan pantai di daerah Ujung Genteng (ada Minajaya, Pangumbahan, Cibuaya, Ombak Tujuh, dll) ini, tetapi yang terdekat untuk menikmati sunset yaitu Pantai Cibuaya. Kawasan wisata Pantai Cibuaya ini cukup luas dengan garis pantai yang cukup panjang dimana ombak pecahnya ditengah jadi untuk anak-anak cukup nyaman bermain air. Biasanya di sore hari, banyak orang berleyeh-leyeh ditepi pantai bermain air sambil menikmati matahari tenggelam dan mengabadikan keindahan alam melalui smartphone atau DSLR mereka. Untuk fasilitas disini cukup lengkap ada musholla, wc umum, warung seafood dan homestay juga banyak dengan range harga mulai 150rb-an. Jadi untuk penginapan kayaknya ga akan kehabisan, tinggal pilih mana yang cocok.

Tapi kita ga menginep di pantai Cibuaya, jadinya dihomestaynya Pak Haji didaerah Surade soalnya besok paginya mau meluncur ke Pantai Minajaya, Curug Cikaso dan Ciletuh Geopark. Penginapannya sangat bersih dan nyaman dengan bangunan baru, biasanya banyak disewa oleh para sales rokok. Makanya kamarnya juga banyak dan ada sekitar 20-an kamar. Untuk harga sewa per kamarnya 100rb, bisa untuk 2 orang dengan kamar mandi didalam.  Ini dia beberapa penampakannya :

Dikarenakan banyaknya obyek wisata yang dikunjungi, biar lebih enak ceritanya dibagi menjadi beberapa bagian. Dan selama traveling disekitar Ujung Genteng, ada beberapa spot wisata yang kami kunjungi yaitu :
1. Pantai Cibuaya – Ujung Genteng.
2. Pantai Minajaya – Ujung Genteng.
3. Curug Cikaso.
4. Ciletuh Geopark (Tebing Panenjoan, Pantai Palampang, Curug Cimarinjung).
5. Vihara Dewi Kwan Im atau Vihara Loji.

Bagi yang berencana traveling ke daerah Ujung Genteng terutama ke Ciletuh Geoprak, ini beberapa tips yang mudah-mudahan bisa membantu :
1. Gunakan minimal mobil mini MPV (seperti Avanza, Xenia, dll) dan sangat tidak disarankan menggunakan sedan. Beberapa bagian jalan cukup rusak dan berkelok-kelok, sangat tidak nyaman kalau pakai sedan dan pasti bagian bawah bakalan kepentok penyok :p.
2. Pastikan kondisi mobil prima soalnya ada banyak tanjakan offroad terutama di Ciletuh Geopark. Kalau sepanjang perjalanan ke daerah Ujung Genteng cukup aman, cuma berkelok-kelok dan sebagian jalannya ada yang rusak.
3. Selalu isi bensin full tank selepas Sukabumi soalnya pom bensin sangat jarang. Untuk pom bensin besar adanya disekitar Surade.
4. Bawa snack yang cukup soalnya disepanjang perjalanan sangat minim minimarket. Kalau mau lebih berhemat, bisa bawa galon air mineral biar ga sering jajan cuma buat minum doank.
5. Bawa uang yang cukup soalnya ATM sangat susah ditemui kecuali di daerah Surade dan itupun cuma bank BRI dan Bank Mandiri Syariah.
6. Bawa obat-obatan, sangat jarang apotik yang bisa ditemui.
7. Jangan lupa bawa sepatu/sendal yang nyaman.
8. Sebaiknya bawa GPS, biar semakin memudahkan treveling ke Ujung Genteng dan Ciletuh Geopark.
9. Apakah memungkinkan ke Ciletuh Geopark menggunakan sepeda motor biasa? Bisa, tapi sepeda motornya bakalan rusak hancoooor! Sangat tidak disarankan pakai sepeda motor bebek apalagi matic, banyak tanjakan curam dan offroad. Kalau mau, sebaiknya pakai sepeda motor trail yang khusus untuk offroad. Sepanjang perjalanan menuju Ciletuh Geopark, banyak komunitas bikers yang pake ni motor.
10. Apakah ada kendaraan umum untuk menuju Ciletuh Geopark??? Tidak ada dan kalaupun ada, bakalan ribet dan capek untuk travelernya. Sebaiknya ikut open trip atau pakai paket wisata saja. Biasanya starting pointnya di Sukabumi dengan minimal peserta 8 orang menggunakan mobil Land Lover 4×4 (Vehicle Offroad). Info lebih detail, bisa mengunjungi website ini.
11. Jangan lupa, jaga kondisi badan dan berhati-hatilah dimanapun kita berada.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s