Transportasi PP Bandung – Pangandaran


Pangandaran merupakan salah satu magnet pariwisata di Jawa Barat, khususnya kabupaten Ciamis. Diantara wisata pantai yang terletak di daerah pesisir selatan, Pantai Pangandaran memiliki beberapa keunggulan dibandingkan yang lain diantaranya yaitu wisata alam yang murah-meriah, akses transportasi yang cukup mudah, dan penginapan yang affordable dari yang murah ampe yang mahal semua ada disini.

Dengan jarak tempuh sekitar 220 km, dari kota Bandung menuju pangandaran dapat dilalui sekitar 6 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Tapi bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi tapi pengen nyaman, menjadi hal yang cukup penting terutama bagi saya pribadi. Dimulai dari guggling2 internet diakhir tahun 2012 karena ingin menikmati long weekend disana, ternyata transportasi Bandung-Pangandaran cukup beragam dan saya jabarkan dibawah ini :
1. Pake mobil/motor
Udah jelas lah yach, ga perlu dibahas lagi. :D

2. Pake Pesawat
Dari Bandung (Bandara Husen Sastranegara) naik pesawat SusiAir ke Pangandaran (Bandara Nusawiru), dengan lama penerbangan sekitar 30 menit, dengan harga tiket 280rb dan cargo 10rb/kg. Jadwal penerbangan Bandung – Pangandaran : 12:40 – 13:20 (Daily), Pangandaran – Bandung : 11:40 – 12:20 (Daily).
Trus kalo dah nyampe di bandara Nusawiru, ke Pangandaran-nya gimana?? Tenang, dari SusiAir akan mengantarkan ke Pangandaran hanya dengan membayar 15rb/org. Begitu juga, dari Pangandaran ke Bandung, pihak SusiAir akan menjemput dihotel. Cukup mudah khan? :D Untuk info lebih lajut, bisa menghubungi Ticketing Office/Reservation SusiAir Bandung di 0811-212-3923 atau 0811-212-3924. Informasi lebih detail bisa juga dilihat disini.

3. Pake Bus
Dari Bandung (Terminal Cicaheum) bisa pake Bus Budiman menuju Pangandaran, ada yang AC (40rb) dan NonAC (35rb). Tapi saran saya, mendingan pake yang AC, soalnya ini perjalanan jauh, jadi kenyamanan harus diutamakan juga khan? :D. Untuk Bus Budiman ini, pagi siang dan malam tetap ada dengan batas keberangkatan jam 18:00 malam.

4. Pake Kereta
Dari Bandung pake kereta menuju stasiun Banjar kemudian dilanjutkan dengan bis menuju Pangandaran.

5. Pake Travel/Agen Wisata
Ada beberapa agen travel wisata, yang melayani transportasi Bandung-Pangandaran PP diantaranya :
a. 4848
Dari Bandung-Pangandaran, 4848 berangkat dua kali setiap harinya, yakni pukul 5 sore dan 12 malam. Sementara dari Pangandaran berangkat pukul 10 siang. Harga tiketnya 80rb(AC) dan 60rb(NonAC). Info lebih lengkap bisa menghubungi 4848 di JI. Suniaraja No.39 Bandung, telp : (022) 423-4848.
b. Sari Harum
Travel Sari Harum merupakan travel jemputan door-to-door dengan menggunakan mobil APV yang berkapasitas 5 penumpang+1supir. Harganya cuma 80rb dan kondisi mobilnya pun sangat nyaman, recomended dech pokoknya. Ada 2 waktu keberangkatan yaitu jam 06:00 pagi dan jam 14:00 siang. Di Pangandaran, juga terdapat Hotel Sari Harum terletak didepan Hotel SIP, di Jl. E. Nurbaen (100m menuju pantai barat Pangandaran). Pemesanan dari Pangandaran ke Bandung, bisa juga melalui hotel ini. Info lebih lanjut bisa mengubungi Sari Harum di 022-6077065.
c. Malsa
Ini juga travel door-to-door, tarifnya 115rb. Waktu keberangkatan dari Bandung jam 06:00 pagi sedangkan dari Pangandaran jam 13:00 siang. Mobil yang digunakan APV/Luxio (kapasitas 6 orang) dan Pregio/Travello (kapasitas 10 orang). Informasi lebih lanjut bisa menghubungi 0858-7845-8686 (Bandung) atau 0265-9003881(Pangandaran). Butuh info lebih lanjut? Bisa juga mengunjungi halaman ini.
d. Sun In Pangandaran (SIP)
SIP merupakan hotel yang cukup recomended di Pangandaran dan membuka travel Bandung-Pangandaran. Travelnya door-to-door, dengan mobil Daihatsu Luxio berkapasitas 5 penumpang+1 supir. Travel SIP ini minimal keberangkatannya 5 org dari Bandung. Harga tiketnya 100rb/org untuk tamu hotel SIP atau 150rb/org untuk umum. Jadwal keberangkatannnya jam 06:00 pagi (dari Bandung) atau jam 13:00 siang (dari Pangandaran). Tetapi untuk keberangkatan dari Pangandaran-Bandung, tidak ada minimal pemberangkatan soalnya mobil travelnya memang harus balik lagi ke Bandung. Hal ini kami alami, kami cuma berdua dalam perjalanan Pangandaran-Bandung. Info lebih lanjut bisa menghubungi 0265-639035 (Pangandaran) atau 022-4232129 (Bandung).

Sekiaaaaan….Mudah2an informasinya bisa berguna bagi teman2 yang berencana mengunjungi Pangandaran :D. Buwat temen2 tripers yang punya info transportasi Bandung-Pangandaran, share disini juga yaaaa…

18 thoughts on “Transportasi PP Bandung – Pangandaran

  1. Pingback: The Art of doing nothing @ Pantai Batu Karas | To ~ reizen

  2. Pulang Pangandaran Bandung door-to-door Sari Harum brati bisa diantar ke rumah masing2 ya bro?
    btw, ada opsi lbh murah yg lain untuk pulang ke Bandung?

    thx bgt infonya sangat bermanfaat ini..:)

    • Iya betul, Sari Harum door-to-door diantar ke rumah masing-masing. Untuk opsi lebih murah, setau saya pakai Bis (Pangandaran – Bandung) ke Bandungnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s